Rabu, 06 Maret 2013

5 Cara Hilangkan Ketombe

Ketombe adalah salah satu masalah umum yang dapat terjadi pada setiap manusia. Ketombe dapat menagakibatkan rasa gatal dan jerawat, bahkan rasa tak percaya diri (Malu). Hal yang dapat mengakibatkan ketombe antara lain adalah kelainan gen, stres, dan gaya hidup yang buruk. Ada pun beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menghilangkan ketombe. 


Penyebab Ketombe
Ketombe adalah penyakit kulit kepala yang dapat disembuhkan dengan menjaga kulit kepala tetap bersih. Kita cari tahu apa yang menyebabkan kita berketombe dan hindari penyebabnya, apakah karena kurang perawatan pada kulit kepala atau karena gaya hidup yang tak teratur? Bila yang mnyebabkan kita berketombe dari gaya hidup yang tak teratur, seperti aktifitas yang berlebihan, stres, bahkan pola makan. Bila itu terjadi dari pola makan, sebaiknya kita hindari makanan yang digoreng dan coklat. 

Obat alami
Rebus beberapa helai daun mimba (Azadirachta indica). Dinginkan dan kemudian saring ramuan tersebut. Gunakan sebagai bilasan terakhir setelah mencuci rambut menggunakan shampo. Anda juga dapat mencampur beberapa helai daun mimba manis dengan daun kemangi, giling menjadi pasta dan aplikasikan pada rambut selama setengan jam. Bilas rambut untuk mendapatkan hasil akhir yang berkilau dan bebas ketombe. 

Ramuan tradisional
Rendam segenggam biji kelabat (Trigonella foenumgraecum) di dalam air selama semalaman. Giling menjadi pasta halus di pagi hari dan terapkan selama setengah jam pada kulit kepala. Bilas sampai bersih. 

Perawatan sebelum tidur
Rebus bit di dalam air, lalu pijat lembut cairan tersebut ke rambut sebelum tidur. Anda juga dapat memijat rambut menggunakan dadih basi atau ramuan sederhana yang terbuat dari jeruk nipis dan jus amla (Phyllanthus emblica). Dadih merupakan kondisioner yang sangat baik, sedangkan jeruk nipis ampuh mengusir ketombe. 

Terapi uap
Langkah ini merupakan cara yang paling umum digunakan untuk mengatasi ketombe, dan umumnya tidak pernah gagal. Pijat kulit kepala secara lembut menggunakan minyak kelapa hangat. Aplikasikan perasan jus dari dua butir jeruk nipis. Setelah itu, celupkan selembar handuk ke dalam air panas dan tutupi rambut serta kulit kepala. Bilas setelah dua jam untuk mendapatkan rambut lembut dan berkilau. Alternatif lain, oleskan pasta pepaya mentah pada rambut dan biarkan selama sepuluh menit sebelum keramas.

0 komentar:

Posting Komentar

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

Ipsum

Lorem

Download

Blogger Tricks

Diberdayakan oleh Blogger.

Ads 468x60px

Featured Posts

 

Labels

Followers

Labels

 

Clock

link building software | article spinner | BloggerTemplatesBlog